Sabtu, 01 Juli 2017

5 ALASAN KENAPA HARUS KE DOKTER GIGI SETIAP 6 BULAN SEKALI - DOKTER GIGI PEKANBARU

Dokter Gigi Pekanbaru - Banyak dokter gigi yang menyarankan agar datang berkunjung ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali. Tahukah anda bahwa tingkat keterjangkitan lubang gigi pada seluruh penduduk indonesia berkisar 25-27% yang berarti seperempat lebih dari penduduk indonesia terdapat lubang gigi. Fakta yang lain adalah penyakit gigi dan mulut masuk kedalam 10 besar penyakit yang paling sering dikeluhkan dan terjadi di Indonesia. Berdasarkan fakta yang bisa di lihat di laporan kementrian kesehatan RI tersebut, kita tampaknya harus lebih memperhatikan kesehatan gigi kita. Pepatah lama berkata bahwa lebih baik menjaga daripada mengobati.

Berikut ini adalah 5 alasan kenapa Anda harus memeriksakan gigi anda ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali.

1. LUBANG GIGI BISA BERKEMBANG DENGAN SANGAT CEPAT
    Lubang gigi bisa berkembang lebih cepat dari 6 bulan sejak lubang awal terbentuk. Lubang gigi berawal dari penempelan lapisan pelikel tipis dari plak gigi yang berkembang menjadi koloni plak tebal berisi mikroorganisme plak. Mikroorganisme plak ini akan menghasilkan lingkungan asam sebagai hasil dari metabolisme mereka. Suasana Asam ini apabila berlangsung dalam waktu lama akan mendegradasi matrik dan melunakkan email. Apabila email telah lunak maka tidak butuh waktu yang lama agar gigi mulai berlubang. Setelah gigi berlubang maka lubang akan menggerong sehingga akan tampak lubang yang kecil tapi didalamnya sebenarnya telah terbentuk goa besar karies gigi. Perkembangan karies yang cepat ini akan terdeteksi jika anda memeriksakan gigi anda secara rutin 6 bulan sekali.

2. GIGI YANG SUDAH BERLUBANG TIDAK BISA MENYEMBUHKAN DIRINYA SENDIRI
    Gigi adalah jaringan dalam tubuh yang tidak bisa menyembuhkan dirinya sendiri. Sifat gigi berbeda dengan kulit atau rambut yang bisa menyembuhkan dirinya sendiri saat terluka atau terserang penyakit. Gigi adalah jaringan keras, apabila berlubang oleh karies yang disebabkan oleh bakteri s.mutans, gigi yang berlubang tidak bisa kembali sehat. 
     Yang bisa dilakukan oleh dokter gigi adalah membersihkan gigi dengan membuang jaringan yang rusak akibat karies sampai kejaringan yang sehat. Selanjutnya untuk mengganti bagian gigi yang rusak dokter gigi akan memberi tambalan yang menyerupai bentuk gigi yang asli. Sedemikian rapuhnya gigi terhadap kerusakan sehingga sangat wajar bahwa kita harus secara rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali.

3. KARANG GIGI MULAI MENEBAL
     Plak gigi akan terbentuk ketika bakteri dalam mulut bercampur dengan protein dan sisa-sisa makanan. Jika plakgigi ini tidak dibersihkan secara teratur, maka karang gigi akan otomatis terbentuk. Karang gigi sendiri merupakan plak gigi yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit. Dalam waktu 6 bulan biasa sudah terbentuk deposit lunak dari karang gigi. Sehingga apabila dibersihkan tiap 6 bulan sekali kerusakan yang timbul akibat karang gigi belum terjadi. Apabila dibiarkan dan menebal, karang gigi akan melonggarkan tulang disekeliling gigi yang berakibat : bengkak gusi, gigi goyah, bahkan gusi bernanah


Add caption

4. MENGETAHUI KELAINAN RONGGA MULUT
     Salah satu manfaat dari rutin periksa gigi tiap 6 bulan adalah untuk deteksi dini terhadap semua kelainan rongga mulut. Penyakit gigi yang paling sering terjadi adalah: karies gigi, karang gigi, sariawan, gusi berdarah, dan tumor rongga mulut. Tumor rongga mulut ada jenis yaitu jinak dan ganas. Kelainan ini sering berupa benjolan dalam mulut atau berupa cekungan atau ulkus atau sariawan baik berwarna merah atau putih. Tumor rongga mulut bisa terdeteksi apabila kita waspada dan memperhatikan keluhan sekecil apapun di rongga mulut. Kelianan ini bisa terdeteksi dengan kontrol rutin tiap 6 bulan sekali ke dokter gigi.

5. MENGHEMAT UANG ANDA!!!
     Percayalah dengan rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali anda akan menghemat jutaan rupiah untuk perawatan gigi dan mulut yang berat. Mencegah adalah cara terbaik untuk menghemat uang anda daripada mengobati. Pengobatan gigi akan menjadi mahal apabila kerusakan yang terjadi semakin rumit dan besar.

     Keuntungan lain rutin check up gigi ke dokter gigi adalah anda akan mendapat edukasi tentang hal hal seputar kesehatan rongga mulut dan gigi. Dokter gigi akan menjelaskan semua pertanyaan anda sekitar rongga mulut mulai dari cara menggosok gigi dan menjaga kesehatan gigi baik untuk diri sendiri maupun keluarga. 

Seperti disebut di awal bahwa banyak sekali manfaat dalam berkunjung rutin ke dokter gigi. Untuk itu segeralah ke dokter gigi keluarga anda. Dokter gigi yang baik akan melayani sepenuh hati untuk kesehatan rongga mulut dari pasienya dan dengan iklas mengedukasi tentang semua kebutuhan kesehatan gigi dan mulut anda. (1Juli-17/drg. Agung Tri Prakoso, Sp.BM)

PRAKTEK DOKTER GIGI PEKANBARU
OPEN DAILY : SENIN-SABTU 09.00-21.00
TELP. 0761 556103

Jadwal Praktek:
09.00-13.00 : drg. Diana Yuliarti
13.00-17.00 : drg. Agung Tri Prakoso, Sp.BM (BEDAH MULUT)
17.00-21.00 : drg. Veni Susanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PRAKTEK DOKTER GIGI PEKANBARU

PRAKTEK DOKTER GIGI PEKANBARU - INTRO

SELAMAT DATANG   PRAKTEK DOKTER GIGI PEKANBARU PRAKTEK DOKTER GIGI PEKANBARU PROFIL KAMI Kami berdiri melayani masyarakat Pe...

PRAKTEK DOKTER GIGI PEKANBARU